SINKRONISASI SPASIAL PEMBANGUNAN SEKTORAL TAHUN 2014

Kegiatan sinkronisasi spasial pembangunan sektoral tahun 2014 ini merupakan kegiatan kolaboratif antara Pemprov NTB (Bappeda, DJPR/SKPD Dekonsentrasi Bidang Penataan Ruang Provinsi NTB dan WWF Bagian Nusa Tenggara), dimana kegiatan ini dipandang perlu untuk dilakukan guna penajaman program secara sektoral pada masing-masing kota/kabupaten yang akan diusulkan dan dibahas pada musrenbang Provinsi NTB.

Maksud dan Tujuan
Adapun Maksud dari diselenggarakannya acara ini adalah terwujudnya Pemantapan Penyelenggaraan Penataan Ruang di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas BKPRD.
Tujuan dari acara ini adalah terwujudnya singkronasi spasial program pembangunan sektoral 2014 agar usulan program kegiatan yang diusulkan lebih konsisten terhadap perencanaan spasial yang telah ditetapkan pada Perda No.3 tahun 2010 tentang RTRW Provinsi NTB.

Untuk mendukung tercapainya maksud dan tujuan kegiatan ini maka adapun peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari anggota Tim BKPRD Provinsi NTB sebanyak 10 orang dan anggota Tim BKPRD Kabupaten/Kota Se NTB sebanyak 50 orang dengan narasumber yaitu dari Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Penataan Ruang yaitu Dra. Desfitriza, MT, dari Bappeda Provinsi NTB yaitu Ir. Makchul, Msi (Kabid. Fisik dan Prasarana Provinsi NTB) dan dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB yaitu Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP (Kabid. Tata Ruang DPU Provinsi NTB). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu dari tanggal 25 Maret 2013 sampai 26 Maret 2013.

Pembukaan Acara yang Diawali Laporan Ketua Panitia Yaitu Bapak I Wayan Winarta, ST.MT selaku PPK Pembinaan dan Pengawasan Penataan Ruang Daerah Provinsi NTB, Dihadiri Oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi NTB yang Sekaligus Membuka Acara di Damping Perwakilan Dari Bappeda Provinsi NTB Yaitu Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bapak Ir. Makchul, MSi dan dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB diwakili Oleh Kepala Bidang Tata Ruang Provinsi NTB yaitu Bapak Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP.

 

Para Narasumber Kegiatan yang Terdiri Dari Perwakilan Dari Pusat Yaitu Ibu Dra. Desfitriza, MT, Perwakilan Dari Bappeda Provinsi NTB Yaitu Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bapak Ir. Makchul, MSi dan dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB diwakili Oleh Kepala Bidang Tata Ruang Provinsi NTB yaitu Bapak Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP dan di Pandu oleh Moderator dari WWF Nusa Tenggara yaitu Bapak M. Ridha Hakim

 

Para Peserta Kegiatan yang Terdiri dari Anggota BKPRD Kota/Kabupaten Sedang Aktif mengikuti Acara Hari Pertama Kegiatan Sinkronisasi Spasial Pembangunan Sektoral Tahun 2014.

 

 

 

 

Penajaman Program Kegiatan yang Dilakukan Melalui Pembagian Desk pada Malam Harinya yaitu Desk Pulau Lombok yang Dipimpin Oleh Bapak Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP dan Desk Pulau Sumbawa yang Dipimpin Oleh Bapak Ir. Makchul, MSi

 

 

 

 

Pelaksanaan Kegiatan Hari Kedua (Selasa, 26 Maret 2013) yaitu Perumusan Hasil Desk Per Pulau yang Diawali Dengan Pemaparan masing-masing Kota/Kabupaten Terkait Program Kegiatan. Tampak Depan Perwakilan dari Kota Bima Sedang Memaparkan Program Kegiatannya.